Duduk Lebih Dari 10 Jam Sehari Dapat Meningkatkan Serangan Jantung




Hidup Sehat , Jakarta, - Dari Hasil Sebuah penelitian Universitas Texas Southwestren Medical Center di Dallas, Amerika Serikat, duduk yang terlalu lama terkait dengan peningkatan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan juga stroke. Menurut analisa para ahli data dari 9 studi jangka panjang yang telah diikuti lebih dari 700.000 orang dewasa.


Setenggah dari studi yang diikuti selama lebih dari 11 tahun ini terdapat 25.769 kejadian kardiovaskular. Yang menghitung hubungan antara waktu duduk mereka dengan serangan jantung dan stroke. Waktu duduk yang diartikan sebagai aktivitas fisik yang minim seperti duduk saat menonton televisi atau pun mengemudi.


Hasil dari studi ini mengungkap mereka yang duduk lebih dari 12 jam per hari berisiko 14 persen terkena penyakit kardiovaskular, sementara mereka yang duduk kurang dari 10 jam sehari terjadi peningkatan resiko sebesar 8 persen. JAMA Cardiology menyatakan peningkatan resiko hanya pada mereka yang telah duduk lebih dari 10 jam per hari.


Ketua peneliti Dr Ambarish Pandey menjelaskan, " Waktu duduk yang lebih pendek dikaitkan dengan tingkat kebugaran kardiorespirasi yang lebih tinggi. Tetap aktif dan berolah raga secara teratur dapat membantu menurunkan resiko penyakit kardiovaskular. seperti yang dilansir Medical Daily.


Karena adanya peningkatan aktivitas fisik, dapat menghindarkan kita dari duduk yang berkepanjangan. Pandey juga menyarankan saat di tempat kerja, ada baik nya jika melakukan aktivitas lain selain duduk seperti jalan - jalan atau berdiri beberapa saat yang berguna untuk menurunkan waktu duduk.